Kenapa Anak Mudah Sakit??


Mens sana in corpore sano, di dalam tubuh sehat terdapat jiwa yang kuat. Memiliki anak yang sehat, tumbuh dengan sempurna adalah  salah satu doa yang selalu dipanjatkan oleh semua orangtua yang ada di muka bumi ini

Menginjak empat tahun usia Gendish, rasa ingin tahunya begitu besar bahkan bermain di luar rumah bersama teman-temannya adalah kegiatan yang sangat disukainya. Ketika anak bermain di luar rumah, aku cukup khawatir akan kesehatannya, karena anak yang bermain di luar rumah lebih rentan terkena penyakit atau virus tertentu

Kenapa Anak Mudah Sakit?

Pernahkah mom kita berfikir, kenapa anak-anak mudah sakit? Bahkan tidak sedikit anak yang setiap bulannya terkena virus seperti demam, batuk ataupun pilek. Ternyata bukan saja tempat bermain yang banyak sekali sumber penyakit tetapi ternyata keluarga yang tinggal dalam satu rumah berpotensi sebagai sumber utama penularan suatu penyakit

Menurut Prof. Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K) yang aku temui pada acara Talkshow yang diadakan oleh STIMUNO (6/9) di Kembang Goela Resto, mengatakan bahwa anak sering sakit dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang anak-anak kita miliki belumlah sempurna


Penyebab dari kekebalan tubuh terganggu bisa dari

• Toksin adalah sebuah zat beracun yang diproduksi di dalam sel atau organisme hidup. Toksin bisa didapatkan dari

1. Udara seperti asap rokok dan kendaraan, pewangi ruangan

2. Makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet, pewarna buatan dan pemanis buatan atau makan serta minuman yang instan dapat membawa toksin berbahaya ke dalam tubuh

3. Bahan Kimia, seperti kosmetik juga merupakan sumber toksin

• Polusi, seperti yang kita ketahui polusi khususnya di Jakarta, merupakan polusi terburuk kedua di dunia. Polusi sendiri adalah suatu kondisi dimana udara yang ada di sekitar kita dicemari oleh bahan-bahan kimia, zat atau partikel yang negatif sehingga udara tidak murni lagi

• Jamur, adalah organisme yang dapat tumbuh secara alami di tanah ataupun tumbuhan, bahkan jamur dapat hidup di kulit manusia apabila sistem kekebalan tubuh sedang terganggu

• Infeksi Virus, kondisi ketika virus masuk ke dalam tubuh seseorang, kemudian menyerang sel tubuh dan berkembang biak. Contoh penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang sering dialami anak-anak contohnya seperti demam, batuk, pilek, diare

• Infeksi Parasit, pertumbuhan atau serangan organisme parasit terhadap organ tubuh manusia sehingga menyebabkan penyakit. Parasit dapat masuk ketubuh kita melalu mulut atapun kulit

Parasit yang dapat masuk melalu mulut, seperti memakan makanan atau minuman yang belum matang. Sedangkan parasit yang masuk melalui kulit bisa disebabkan karena gigitan binatang, contohnya gigitan nyamuk yang membawa parasit Plasmodium

• Infeksi Bakteri, bakteri adalah sekelompok mahluk hidup yang ukurannya sangat kecil. Bakteri dan virus berbeda, bakteri tidak memerlukan manusia untuk hidup dan berkembang biak, sedangkan virus butuh manusia. Batuk dan demam juga bisa disebabkan oleh bakteri, bukan hanya itu penyakit seperti Meningitis, Pneumonia, Tuberculosis juga bisa disebabkan oleh bakteri yang dibawa dari percikan bersin dari orang yang terinfeksi bakteri, batuk. Bakteri juga dapat tertinggal pada benda-benda disekitar kita *duuh apalagi Gendish masih sering memasukan benda ke dalam mulut

Dari semua penyebab kekebalan tubuh anak menurun dapat anak-anak kita peroleh dari cuaca yang tidak menentu atau tidak bisa diprediksi, tempat bermain anak, di sekolahan bahkan di dalam rumah

Menurut Ibu Irene Dwi Sari selaku Head of Marketing CHD mengatakan bahwa anak yang sakit akan berdampak pada tubuh anak yang mudah letih, lesu, tidak bersemangat, aktifitas harian seperti bermain dan bersekolah terganggu sehingga prestasi di sekolah menurun, tumbuh kembang terhambat, dan yang pasti napsu makan jadi menurun


Untuk menjaga kekebalan tubuh anak dr. Zakiudin memberikan beberapa cara agar untuk mempertahankan kekebalan tubuh anak, diantaranya adalah

1. Pencegahan Infeksi
2. Pencegahan Penyakit Ganas
3. Hindari obat-obatan tertentu, kecuali dengan resep dan pengawasan dokter
4. Berikan makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi
5. Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang terinfeksi suatu penyakit


STIMUNO



Stimuno adalah salah satu produk dari Dexa Medica yang dirancang untuk memperbaiki dan memperkuat sistem imun tubuh

Stimuno dapat digunakan untuk dewasa (Stimuno Forte) dan Stimuno Sirup untuk anak-anak mulai dari umur satu tahun dengan tiga pilihan rasa Original, Jeruk Berry, dan juga rasa Anggur

Di dalam Stimuno terbuat dari ekstrak tanaman meniran yang dalam bahasa latinnya disebut dengan Phyllanthus niruri yang dari dulu sudah dikenal sebagai obat berbagai penyakit secara turun temurun di Indonesia

Penelitian terbaru juga mengatakan bahwa daun meniran merupakan Imunomodulator

Imunomodulator berperan untuk membuat sistem imun lebih aktif dalam menjalankan fungsinya, menguatkan sistem imun tubuh atau menekan reaksi sistem imun yang berlebihan. Oleh karena itu Stimuno dapat bekerja pada sistem kekebalan tubuh, memproduksi lebih banyak antibodi, untuk meningkatkan dan memperkuat sistem imun

Stimuno dapat diminumkan kepada anak 1-3 kali sehari dengan takaran 5ml untuk sekali minum. Dalam mengkonsumsi Stimuno disarankan untuk tidak mencampurkannya ke dalam minuman maupun makanan karena ditakutkan kandungan yang ada di dalam Stimuno akan menghilang

Kebetulan beberapa hari ini Gendish sedang mengalami flu, langsung saja aku berikan Stimuno anak dengan rasa jeruk Berry, lalu komentar yang Gendish berikan

"Ibu, ini enak banget rasanya"

Bersertifikasi Fitofarmaka


Fitofarmaka adalah obat herbal yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah melalui uji praklinis dan uji klinis bahan baku dan telah di stadarisasi asli Indonesia


Pada acara Talkshow kemarin Bapak Andrew Sulistya, General Manager Consumer Health PT Dexa Medica menerangkan perbedaan jamu, dan Obat Herbal Terstandar (OHT). Jamu merupakan herbal yang digunakan turun temurun hanya berdasarkan pengalaman dan tidak di standarisasi, sedangkan OHT telah mendapatkan standarisasi mutunya (pre-klinis)


Perlu ditekankan disini Stimuno bukanlah vitamin ataupun multivitamin, melainkan obat yang tidak bisa dikonsumsi dengan jangka waktu yang lama

"Sistem imun tubuh anak akan lelah apabila pemakaian Fitofarmaka dalam waktu yang lama" - dr. Zakiudin

Seperti yang tertulis diatas, untuk menjaga kondisi anak agar tetap sehat salah satunya adalah pemberian makanan dan minuman yang bernutrisi. Salah satu caranya adalah mebawakan bekal ketika anak pergi bersekolah. Agar anak-anak bersemangat menyantap bekalnya, orangtua pun harus kreatif dalam menyajikan bekal makanan tersebut, misalkan dengan membuat bento yang bentuknya menarik


Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua orang yang membacanya

Komentar

  1. Seneng ya ada obat yang beneran terbuat dari bahan herbal asli Indonesia tapi rasanya disukai anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom, kemarin Gendis udah nyobain dan ternyata dia suka

      Hapus
  2. Wah, komplet ini penjelasannya, Mom. Pernah kasih Stimuno juga ke anak-anak ketika suami kena cacar air, khawatir nular soalnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom, ternyata aku baru tau kalau stimuno gak bisa dipakai dalam jangka waktu lama

      Hapus
  3. Waahhh...mama Gendish kalo nulis informatif banget deh...aku suka. Makasih yaa mom

    BalasHapus
  4. Kei , Pernah minum stimuno. memang Untuk Tidak dikonsumsi Dalam jangka waktu lama. Pasca penyembuhan saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mba, awal aku tau stimuno. Aku fikir untuk vitamin

      Hapus
  5. Harus rutin minum STIMUNO supaya badan tdk mudah sakit ya Mak
    Makasiii sharingnyaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya digunakan ketika sakit atau tanda-tanda ketika sakit tiba mak,

      Hapus
  6. Karena anak saya d daycare jadi saya kasih suplemen seamcam ini juga Mak. Tapi atas resep dokter sih, akrena anak2 itu muter ya kalau sakit satu yang lain ikutan gitu gantian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba, anak kalau sakit muter aja : (

      Hapus
  7. Meningkatkan daya tahan tubuh penting sekali ya agar tidak mudah sakit. Cocok deh sedia stimuno di rumah, aku beli stimuno yang kapsul aja karena anak-anak sudah gede. Kalo dulu minumnya stimuno sirup :)

    BalasHapus
  8. Anak anak dijaga kesehatan dengan menjaga mereka selalu bersih, minum air putih dan makan cukup. Stimuno ini juga penting banget, karena membantu daya tahan tubuh anak anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, apalagi kalau sekitar lagi banyak yang kurang enak badan, stimuli wajib diberikan agar saya tahan anak terjaga

      Hapus
  9. Meski cuaca lagi bikin gampang sakit.. dengan Stimuno dan pola hidup sehat..insyaallaah anak2 selalu sehat yak...

    BalasHapus
  10. Stimuno ini jawaban ya untuk menjaga anak biar nggak mudah sakit. Bahan yang digunakan pun alami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba bener banget, udah bersertifikat Fitofarmaka

      Hapus
  11. Stimuno kayaknya satu-satunya multivitamin yang punya status fitofarmaka deh, dan saya tau banget kalo untuk dapet status fitofarmaka ini ngga mudah jadi saya bisa yakin sama kualitas produknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget untuk mendapatkan lebel fitofarmaka itu susah banget

      Hapus
  12. Biasanya di atas 5 tahun akan membaik, gitu kata dokter kami. Alhamdulillah emabg benar. Saat kecil anakku pun sering minum stimuno ini. Lumayan ngebantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, yang pernah aku denger seperti itu anak dibawah lima tahun saya tahan tubuhnya masih riskan banget

      Hapus
  13. Seminggu terakhir anakku kena flu Mbak. Mungkin faktor cuaca dan virusnya cepet banget nyebar kali ya. Makanya membangun imun pada anak saaaaangat penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba, kalau udah kaya gitu diminumin Stimuno aja mba

      Hapus
  14. Penyakit tuh nyerang dr mana aja. Bahkan kadang dr barang2 keseharian mereka atau org terdekat. Kalau ga dikasih stamina tambahan daya tahan tubuh anak jadi rentan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, apalagi anakku yang masih sering masukin benda ke dalam mulut

      Hapus
  15. Saya tertarik membahas meniran ini Mbak. Itu kebanyakan tumbuh di daerah mana ya? Setahu saya di kampung di Garut Jawa Barat nggak pernah dengar tanaman obat ini. Jasi penasaran banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau tumbuhnya dimana aku kurang tau kak, tapi aku pernah beli daun mengiringi yang kering di toko jamu

      Hapus
  16. Musim panca roba gini biasanya anak-anak rentan ketularan batuk pilek, kalau ada stimuno nggak perlu khawatir lagi ya mbak, tenang deh walau anak sering main diluar rumah

    BalasHapus
  17. Berasa banget loh dulu ketika anak-anak masih balita, emang sering banget sakit. Dikit-dikit batuk, pilek or demam. Udah nervous aja bawaannya pas ngantor tapi anak lagi sakit. Begitu udah gede ya udah jarang sakit lagi deh semuanya. Untuk itulah penting konsumsi penjaga imunitas macam Stimuno ini bagi anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba bener banget apalagi kalau ibunya pekerjaan, jadi degdegan ninggal anak di rumah

      Hapus
  18. Datang ke acara ini semakin semangat untuk membantu agar anak tak mudah sakit. Dan andalannya emang Stimuno :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba, banyak ilmu yang di dapat dalam acara ini

      Hapus
  19. Anakku juga minum stimuno ini nih. Memang cukup efektif untuk menjaga staminanya. dan terbukti sih dia paling jarang sakit diantara teman2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah yah mba, tapi perlu diingat konsumsinya jangan berkepanjangan:)

      Hapus
  20. Untungnya sekarang udah ada stimuno, jadi bisa untuk menambah kekebalan tubuh pada anak. Ya, bisa menjaga daya tahan anak-anak, secara saat ini toksin di dekat kita itu bertebaran. Imun kita juga mesti bagus nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba, penyebab penyakit ada dimana-mana

      Hapus
  21. Penyebab anak mudah sakit itu gk terlepas dari bakteri jahat yah kak, untung ada Stimuno nih, noted ah bsa jd referensi ku nanti

    BalasHapus
  22. Aku kalau anak lagi mau skit dikit aja langsung stimunoin mak. Soalnya emang ini yang tercakep vitamin selama ini aku tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mba, aku juga selalu seperti itu :)

      Hapus
  23. Oh...anak-anak itu belum sempurna kekebalan tubuhnya...
    Dan aku baru tahu kalau paparan penyakit bener-bener yang kita gunakan sehari-hari yaa...kaya pewangi ruangan.
    Bisa jadi penggunaan obat serangga bikin anak-anak sesak juga...

    Stimuno bisa di konsumsi untuk anak-anak usia sekolah juga gak, kak...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget kakak, srimin bisa digunakan untuk anak mulai dari satu tahun

      Hapus
  24. Nah, stok stimuno anak udah habis nih, anak aku suka minum ini bahkan minta sendiri atau mengingatkan minta minum, hihihi. enak katanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, rasanya enak. Anakku sampai pernah kepergok mau minum sendiri

      Hapus
  25. Bahan kimia dari kosmetik jadi toksin itu gimana Mbak? apa semacam reaksi alergi gitu kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, di bahan kosmetik ada beberapa dari kimia toksin, yang dapat menyebabkan iritasi

      Hapus
  26. Stimuno bagus ya untuk daya tahan tubuh anak,kami sering beli stimuno anak dan dewasa untuk persediaan di rumah apalagi cuaca sekarang tak menentu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak, akupun sedia stimuno di rumah

      Hapus
  27. Oo.. Makanya anak kecil tu mudah tertular penyakit ya. Ternyata karena daya tahan tubuhnya yang belum sempurna. Penambahan suplemen penting ya, stimuno ini salah satunya. .noted...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget salah satu anak mudah sakit karena daya tahannya yang lemah.

      Hapus
  28. DI tengah perubahan cuaca seperti ini Stimuno snagat membantu orangtua dalam menjaga ketahanan tubuh anak. Setidkanya anak lebih tangguh dan kuat.

    BalasHapus
  29. Cuaca sih kalo anak anakku yang bolon anak anakku mudah sakit. Aku juga stok stimuno mna di rumah .

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asuransi Sebagai Ikhtiar, Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik

Bambo Nature, Popok Ramah Lingkungan Untuk Buah Hati

Rumah Bersih dan Sehat Bantu Orangtua Mengenali Passion Anak