Saatnya Kita Katakan Goodbye Kantong Plastik

Indonesia merupakan negara yang memiliki berjuta-juta keindahan alam serta keindahan laut. Keindahan Indonesia dari Sabang sampai Merauke tidak akan ada habisnya bila kita bicarakan, keindahannya bukan hanya memukau warga negara Indonesia tetapi juga warga negara asing dari segala penjuru dunia

Selain memiliki keindahan alam yang memukau, ternyata Indonesia juga dikenal sebagai penghasil sampah plastik terbesar ke-2 di Dunia setelah negara Tiongkok. Bahkan pada tahun 2018 Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data sampah plastik mencapai 64 juta ton / tahun, sedangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyampaikan total timbunan sampah plastik yang didaur ulang baru 10-15%, 60-70% di timbun (Tempat Pembuangan Akhir) TPA, dan 15-30% belum terkelola dan terbuang ke lingkungan, terutama lingkungan perairan seperti sungai, danau, pantai, dan laut

Setelah mendengar berita itu, saya selalu berusaha untuk mengurangi pemakainan sampah plastik. Seperti membeli makanan dengan membawa wadah dari rumah, membawa minum dengan wadah yang bisa dipakai berkali-kali bahkan belanja kepasar dengan menggunakan tas serbaguna. Tetapi semua itu belum bisa mengurangi sampah plastik apabila semua orang di Indonesia belum sadar apa sebenarnya bahaya dari sampah plastik tersebut. Lalu apa bahaya dari sampah plastik?



Bahaya Sampah Plastik

Seperti yang kita ketahui, plastik banyak memberikan kemudahan bagi keseharian kita. Coba ada berapa banyak produk dari plastik yang ada di rumah kalian? Bahan plastik sangat banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari karena pada dasarnya plastik mudah ditemukan dan plastik merupakan bahan yang mudah dibentuk. Namun apabila plastik sudah menjadi sampah, maka sampah plastik itu sangat merugikan bagi kehidupan kita.

Bahaya Bagi Lingkungan

1. Sampah plastik memerlukan waktu 200-400 tahun untuk menguraikan nya, sampah plastik yang tertimbun di dalam tanah akan mengeluarkan zat kimia yang dapat mencemari air tanah, apabila ingin melenyapkan sampah plastik dengan cara dibakar tentu saja sampah plastik yang dibakar tersebut akan membuat polusi udara karena ketika plastik dibakar bahan kimia yang menjadi racun akan menyebar ke udara

2. Sampah plastik sudah membunuh ribuan hewan laut setiap tahunnya. Bagaimana sampah plastik itu bisa sampai kelaut?
Mungkin bagi sebagian besar orang berpikir sampah di laut merupakan hasil dari pembuangan sampah yang dihasilkan oleh orang-orang disekitar laut, tetapi ternyata sampah yang biasanya diambil oleh petugas Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ke rumah-rumah kita, bisa jadi tempat pembuangan sementara nya atau tempat pembuangan akhir sampah berdekatan dengan sungai, yang kemudian sampah plastik yang menumpuk jatuh ke sungai bisa menyebabkan kedangkala sungai dan juga sampah plastik bisa terbawa sampai laut. Yang sudah pasti lama kelamaan sampah plastik di laut menumpuk dan berdampak pada ekosistem laut

Bahaya Bagi Kesehatan

1. Plastik dapat menyebabkan penyakit hati, apabila kita menaruh makanan ataupun minum yang panas ke dalam wadah plastik

2. Sampah plastik yang dibakar dan terhirup oleh manusia dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti ISPA, kanker dan sistem saraf


TASINI BAG ALFAMART

Kamis, 11 Juli 2019 saya mendapatkan undangan untuk berkunjung ke kantor Alfamart yang berada di Alam Sutera. Acara yang bertemakan "Yuk, Ikut Aktif Kurangi Sampah Plastik" dihadiri oleh Brand Ambassador Alfamart yaitu Nagita Slavina, Bapak Solihin selaku Corporate Affairs Director Alfamart dan Mr. Roger Spranz dari Making Oceans Plastic Free
Acara ini digagas oleh Alfamart karena kepeduliannya tertang menjaga lingkungan agar tetap asri, Alfamart menginisiasi rangkaian program dalam pemakaian plastik sekali pakai

Coba tunjuk tangan siapa yang sering belanja di Alfamart? Untuk yang sering belanja di Alfamart pasti sudah tidak kaget lagi apabila plastik belanjaan yang diberikan oleh petugas tidak gratis lagi, ini salah satu keperdulian Alfamart untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai yang ada di Indonesia

"Bukan tentang mengapa harga 200 rupiah per kantong plastik diberikan ke konsumen tapi agar bersama-sama kita sadar untuk peduli terhadap lingkungan" - Bapak Solihin

Belum lama ini saya juga pernah merasakan nyinyiran ketika saya menolak untuk menerima Kantong Plastik Tidak Gratis, tetangga yang mengantri pembayaran dibelakang saya berkata "yaelah, cuma bayar dua ratus perak aja gak mau". Rasanya pengin ceramahin itu orang panjang kali lebar tentang dampak dari sampah plastik *hehehehe

Nah, dari kejadian saya diatas bener sekali apa yang dikatakan Bapak Solihin tentang pentingnya sosialisasi di media massa, media sosial kepada konsumen agar para konsumen tahu apa tujuan dari Kantong Plastik Tidak Gratis

Pada acara tersebut, juga merupakan launching TASINI Bag Alfamart yang merupakan tas belanja ulang pakai. 
TASINI Bag Alfamart merupakan inisiatif dari keperdulian Alfamart dalam mengurangi sampah plastik dengan menyediakan tas belanja ulang pakai yang bekerjasama dengan TASINI

TASINI merupakan ide dari inisiatif lingkungan hidup Making Oceans Plastic Free (MOPF). MOPF diawali dari empat sahabat dari Indonesia dan Jerman. Kesedihan dan perasaan tertekan dengan polusi lautan dunia dari jutaan ton sampah plastik yang memasuki lautan setiap tahunnya, mereka muncul dengan ide untuk menciptakan solusi yang tidak hanya sebatas peningkatan kesadaran terhadap perlindungan ekosistem, tetapi membuatnya mudah dan menyenangkan untuk menghentikan kebiasaan penggunaan kantong plastik

TASINI Bag Alfamart berupa gantungan kunci sekaligus tas belanja lipat yang didesain berwarna-warni dengan bentuk tiga tokoh hewan laut yang menggemaskan dan bisa dibawa kemana-mana


Penyu yang berwarna hijau namanya Teo,
Gurita yang berwarna merah muda namanya Olivia, dan Ikan Hiu berwarna biru namanya Shaq.




"Bentuk TASINI yang lucu dan praktis, saya yakin bisa buat orang-orang tertarik memakainya" - Nagita Slavina

TASINI terbuat dari limbah botol plastik (recycled PET). Menurut Mr. Roger Spranz,  Untuk membuat satu TASINI dibutuhkan 2 botol plastik bekas yang dipotong-potong hingga menjadi bagian kecil kemudian dipanaskan, dijadikan benang lalu jadilah kain sintesis yang kuat dan berkualitas. Dengan bahan sederhana dan proses yang kompleks


TASINI Bag Alfamart sudah bisa dibeli di toko Alfamart tertentu yang berada di Jabodetabek dengan harga 39.900 rupiah, yang hasil penjualan nantinya digunakan oleh Organisasi Yayasan Making Oceans Plastic Free untuk membeli limbah plastik PET yang selanjutnya didaur ulang kembali menjadi TASINI, sehingga makin banyak masyarakat yang akan bisa menggunakan dan meninggalkan plastik sekali pakai

Semoga inisiatif dari Alfamart, kita bisa berbuat yang lebih baik untuk kelestarian lingkungan dan dapat dengan lantang menolak kantong plastik sekali pakai dan berkata goodbye kantong plastik. Loe, gue end

Komentar

  1. Balasan
    1. Iya mba, dan kita bisa tau tentang dampak menggunakan plastik sekali pakai

      Hapus
  2. Bagus yah, alfamart sudah mau ikut gerakan peduli lingkungan. Semoga Ada program pemerintah untuk bebas kantong plastik kalangan rumah tangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mba, aku salut banget atas dukungan yang diberikan oleh Alfamart

      Hapus
  3. Suka tasini bag Alfamartnya lucu-lucu, anakku pasti suka yang pink Olivia, Alfamart keren ya semoga diikuti pesaing lainnya agar bumi kita bebas plastik yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, semoga saja pada banyak perusahaan yang menjadi followers akan kebaikan ini

      Hapus
  4. Ya sampah plastik di Indonesia memang sudah sangat mengkhawatirkan ya kak, buanyak banget udah gitu terurainya lama. Jadi penggunaan tas seperti Tasini sangat bagus untuk lebih minimalisir, mana lucu2 pula, aku aja pengen beli juga biar klo belanja2 bisa langsung ngeluarin Tasini sebagai wadah/kantong belanjaan ku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lucu-lucu banget yah Kak, dan fungsinya luar biasa

      Hapus
  5. dari dulu aku suka bawa tumblr selain menjaga lingkungan tetap bersih, irit juga.. ga perlu jajan es heehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener banget, bisa mengurangi pengeluaran buat jajan dijalan, udah gitu membantu ekosistem bumi kita

      Hapus
  6. MasyaAllah semoga lingkungan kita bisa lebih baik dgn langkah awal ini ya. Jd mau punya deh tas gemesnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga makin banyak trobosan buat diet sampah plastik.
      Iya gemes banget, gendish aja minta beliin yang karakter olivia

      Hapus
  7. Serbasalah memang yaa kalau udah tentang plastik ini. Paling bener memang kita refuse sebelum masuk rumah, deh. Pakai tas belanja begini bisa jadi salah satu solusi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mba, salah satu solusi diet kantong plastik

      Hapus
  8. Rosnirazandra15 Juli 2019 23.18

    Tas imut membawa dampak besar, terima kasih infonya ya Mba, jadi pingin punya tasnya ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba, makasih yah udah mampir ke blogku untuk membaca artikel ini

      Hapus
  9. aku juga sekarang lebih suka bawa tempat minum sendiri sama bawa totebag--totebag kecil gitu buat kantong. tas alfamartnya bagus yah jadi pengen beli deh, praktis banget pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk beli kakak, lucu-lucu loh ini bisa buat gantungan kunci

      Hapus
  10. Iya mak gendissssh sesedih it skrg liat lautan Indonesia penuh plastik. Pake tasini bag, solutif banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku sedih banget, sampe di nyinyirin gara-gara gak rela ngeluarin duit 200 perak

      Hapus
  11. Alhamdulillah aku sudah lama diet kantong plastik. Meski awalnya agak berat tapi ternyata bisa. Btw itu di Alfamart sini belum ada mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, masih dijual di alfamart tertentu.
      Semoga kedepannya bisa dijual di seluruh toko alfamart

      Hapus
  12. Lucu banget Tasini nya....Sudah mulai dijual di Alfa belum ya?
    Keren inovasi dari Alfamart. Saya juga mulai ngurang-ngurangin pelastik dikit dikit. Kalau belanja ke Alfamart atau pasar mulai bawa tas belanja sendiri aja. Walau belum konsisten banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah kakak, yuk dibeli untuk diet kantong plastiknya

      Hapus
  13. Kreatif juga ya, dari limbah botol palstik bisa dimanfaatkan kembali, aku juga mulai sekarang jangan pakai kantong plastik lagi deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, keren ya dari sampah plastik bisa jadi produk yang ngegemesin

      Hapus
  14. Inovasi yang keren, mengolah limbah agar bisa digunakan lagi. Bentuknya juga unik... Menang masalah sampah plastik itu masalah berama. Perlu kerjasama kolektif agar bisa teratasi dengan minimal mengurangi penggunaan sampah plastik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, butuh kesadaran buat masing-masing individunya

      Hapus
  15. udah lama saya bawa kantong belanja srndi gegara gak mau numpuk sampah plastik di rumah. btw naksir tasini kura2 nih

    BalasHapus
  16. Setuju banget harus mulai belajar kurangin sampah plastik. Sayangi bumi ❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kedepannya orang-orang lebih aware sama dampak dari sampah plastik sekali pakai

      Hapus
  17. Bahaya amat emang plastik ini. Semakin horor kalau udah jadi penyakit ke manusia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener banget, semoga makin perduli dengan dampak kantong plastik sekali pakai yah kak

      Hapus
  18. Semoga kampanye pengurangan penggunaan plastik ini terus berlangsung. Biar semakin banyak yang bergerak dan belajar sedikit demi sedikit mengurangi penggunaan kantong plastik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya mba, dengan adanya artikel yang membahas dampak dari kantong plastik
      Bisa menggugah semua orang

      Hapus
  19. Tasininya lucu banget mbaa, hihi. Dan, masalah plastik ini emang PR banget buat aku pribadi. Secara, plastik ini erat banget sama konsumsi kita sehari-hari. Duh, enggak kebayang deh betapa lamanya plastik ini bakal terurai, hiks.

    BalasHapus
  20. Setujuuu banget campaign menghilangkan plastik. Secara berbahaya banget dan mengakibatkan pencemaran lingkungan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walau sulit, semoga membuahkan hasil yang lebih banyak lagi apabila orang tahu apa dampaknya

      Hapus
  21. Di kota aku sudah ada peraturan ini dan memang ga boleh lagi menggunakannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Km tinggal dimana mba? Kalau gak salah di Bali juga udah mulai ada larangan seperti ini

      Hapus
  22. Ternyata bahaya sampah plastik sangat berbahaya bagi tubuh dan lingkungan ya

    BalasHapus
  23. Lucu3 ya tote bagnya..aq pun kmna2 selalu bawa tempat minum selain bijak berplastik bs irit jg kan dan pastinya lebih safety ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lucu seperti aku ya mba 🤣🤣

      Positif buat kantong sebetulnya ya

      Hapus
  24. Emang sudah seharusnya nih kita serius mengurangi penggunaan kantong plastik

    BalasHapus
  25. Iya mba, semoga Indonesia berhasil akan diet kantong plastiknya

    BalasHapus
  26. Semoga ini bisa menjadi salah satu cara pengurangan sampah plastik

    BalasHapus
  27. Bagus banget ini kalo bisa beneran say goodbye sama kantong plastik, aku dilema kalo mau naro sampa di mana kalo nggak di plastik dulu sebelum di ambil bapak petugas yang angkut sampah :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asuransi Sebagai Ikhtiar, Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik

Bambo Nature, Popok Ramah Lingkungan Untuk Buah Hati

Neoflam Cookwear Ada Di Alfamart